Senin, 27 Februari 2017

96- GANTI YANG LAIN???!!!



GANTI YANG LAIN???!!!

[1]- Allah -Ta’aalaa- berfirman:

وَظَلَّلْنَا عَلَيْكُمُ الْغَمَامَ وَأَنْزَلْنَا عَلَيْكُمُ الْمَنَّ وَالسَّلْوَى...

“Dan Kami menaungi kamu dengan awan, dan Kami menurunkan kepadamu “Al-Mann” dan “As-Salwa”…” (QS. Al-Baqarah: 57)

Dan Allah -Ta’aalaa- berfirman:

وَإِذْ قُلْتُمْ يَا مُوسَى لَنْ نَصْبِرَ عَلَى طَعَامٍ وَاحِدٍ فَادْعُ لَنَا رَبَّكَ يُخْرِجْ لَنَا مِمَّا تُنْبِتُ الأرْضُ مِنْ بَقْلِهَا وَقِثَّائِهَا وَفُومِهَا وَعَدَسِهَا وَبَصَلِهَا قَالَ أَتَسْتَبْدِلُونَ الَّذِي هُوَ أَدْنَى بِالَّذِي هُوَ خَيْرٌ اهْبِطُوا مِصْرًا فَإِنَّ لَكُمْ مَا سَأَلْتُمْ...

“Dan (ingatlah), ketika kamu berkata: “Hai Musa, kami tidak tahan hanya (makan) dengan satu macam makanan saja, maka mohonkanlah kepada Rabb-mu untuk kami, agar Dia memberi kami apa yang ditumbuhkan bumi, yaitu: sayur-mayur, ketimun, bawang putih, kacang adas dan bawang merah.” Musa berkata: “Apakah kamu meminta sesuatu yang rendah sebagai ganti dari yang lebih baik? Pergilah ke suatu kota, pasti kamu akan memperoleh apa yang kamu minta.”…” (QS. Al-Baqarah: 61)

 [2]- “Apakah kamu meminta sesuatu yang rendah -yakni: makanan-makanan tersebut- sebagai ganti dari yang lebih baik? -yaitu: Al-Mann dan As-Salwa-. Maka ini tidak layak bagi kalian! Makanan-makanan yang kalian minta bisa kalian dapatkan di kota manapun yang kalian singgah, adapaun makanan yang Allah karuniakan kepada kalian: maka itu adalah sebaik-baik dan semulia-mulia makanan; maka kenapa kalian minta ganti yang lain??!!”

[Taisiirul Kariimir Rahmaan (hlm. –cet. Muassasah ar-Risaalah) karya Syaikh As-Sa’di -rahimahullaah-]

[3]- “Dan sungguh, kebutuhan hamba terhadap ilmu (syar’i) sangat mendesak melebihi kebutuhan badan(nya) terhadap makanan.”

[Miftaah Daaris Sa’aadah (I/296) karya Imam IBNUL QAYYIM -rahimahullaah-]

 [4]- Maka tidak sepantasnya bagi orang yang Allah karuniakan kepadanya ilmu syar’i: kemudian dia menggantinya dengan ilmu tentang “sayur-mayur, ketimun, bawang putih, kacang adas dan bawang merah” SERTA MACAM-MACAM HERBAL YANG LAINNYA.

-ditulis oleh Ahmad Hendrix-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar