Minggu, 26 Februari 2017

68- SEMUA ADA DI MEDSOS



SEMUA ADA DI MEDSOS

[1]- Rasulullah -shallallaahu ‘alaihi wa sallam- bersabda:

إِنَّ اللَّهَ كَرِهَ لَكُمْ ثَلاَثًا: قِيلَ وَقَالَ...اَلْحَدِيْثَ

“Sesungguhnya Allah tidak menyukai bagi kalian tiga hal: Qiila Wa Qoola (dikatakan dan katanya)…” dan seterusnya hadits.

[HR. Al-Bukhari (no. 1477) dan Muslim (III/1341)]

[2]- Ada tiga segi tentang penafsiran Qiila Wa Qoola

PERTAMA: Yang dimaksud adalah BANYAK BICARA; karena hal itu dapat mengantarkan kepada kesalahan dan banyak pengulangan yang berlebihan.

KEDUA: MENGHIKAYATKAN PERKATAAN-PERKATAAN MANUSIA dan membahasnya untuk nantinya dijadaikan kabar berita, sehingga pelakunya akan berkata: “Fulan telah berkata demikian, dan dikatakan demikian kepadanya.”, dan lain-lain dari hal-hal yang tidak layak untuk diceritakan.

KETIGA: YAITU DALAM MASALAH AGAMA, dengan menyebutkan berbagai perselisihan, dengan berkata: “Fulan telah berpendapat demikian, dan fulan berpendapat demikian.”, dan semisalnya tanpa tatsabbut (penelitian), dan hanya taqlid (mengikuti) apa yang didengar (atau dibaca) tanpa berhati-hati dalam memilih pendapat (yang benar) dari berbagai macam pendapat tersebut.

[Lihat: Al-I’laam Bi Fawaa-idi ‘Umdatil Ahkaam (IV/26), karya Ibnul Mulaqqin (wafat th. 804 H, guru dari Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-‘Aqalani -rahimahumallaah-]

[3]- Semoga kita bisa lebih berhati-hati dalam menggunakan Medsos; agar tidak terjatuh kepada Qiila Wa Qoola yang Allah tidak sukai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar