Jumat, 03 Maret 2017

141- WALAUPUN TIDAK SEMUANYA KEMBALI…



WALAUPUN TIDAK SEMUANYA KEMBALI…

‘Abdullah bin ‘Abbas -radhiyallaahu ‘anhumaa- berkata:

“Ketika kelompok Haruriyah (Khawarij) keluar; mereka berkumpul di suatu tempat, dan jumlah mereka 6000 (enam ribu). Maka Aku datangi ‘Ali bin Abi Thalib -radhiyallaahu ‘anhu-, dan aku berkata: “Wahai Amirul Mukminin, tundalah Shalat Zhuhur, aku ingin mendatangi mereka, dan akan aku ajak bicara.” ‘Ali bin Abi Thalib -radhiyallaahu ‘anhu-berkata: “Sungguh aku kuatir sesuatu terjadi padamu.” Aku berkata: “Tidak.”

Maka aku keluar menuju mereka, dan aku memakai pakaian yang terbagus dari kain Yaman…

Aku katakan kepada mereka: “Aku datang dari sisi para Shahabat Nabi -shallallaahu ‘alaihi wa sallam-, untuk menyampaikan kepada mereka perkataan kalian. Dan (telah kalian ketahui bahwa) Al-Qur’an diturunkan kepada mereka; sehingga mereka lebih mengetahui tentang wahyu dibandingkan kalian; karena di kalangan merekalah Al-Qur’an diturunkan, sedangkan tidak ada seorangpun Shahabat Nabi di kalangan kalian...

[Maka setelah selesai berdiskusi panjang lebar dengan mereka]: ‘Abdullah bin ‘Abbas berkata:

“MAKA 2000 (DUA RIBU) ORANG DARI MEREKA KEMBALI (KEPADA KEBENARAN), SEDANGKAN SISANYA (EMPAT RIBU ORANG) TERBUNUH DI ATAS KESESATAN.”

Diriwayatkan oleh Al-Hakim (II/150-152), dan dia berkata: “Shahih sesuai syarat Muslim”, dan disepakati oleh Adz-Dzahabi.

-ditulis oleh: Ahmad Hendrix-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar