Jumat, 03 Maret 2017

120- BERNARKAH INI PERSATUAN ???!!!



BERNARKAH INI PERSATUAN ???!!!

Pertanyaan: Apakah termasuk persatuan: provokasi dan menimbulkan kebencian serta dendam di hati orang-orang awam terhadap pemerintah?

Syaikh Shalih bin Fauzan Al-Fauzan -hafizhahullaah- menjawab:

“Menimbulkan kebencian serta dendam di hati orang-orang awam terhadap pemerintah: adalah termasuk amalan para perusak dan pengadu domba; yang ingin menyebarkan kekacauan dan memecah belah masyarakat Islam.

Dan sejak zaman dahulu: orang-orang munafik telah mengusahakan hal samacam ini; ketika mereka ingin memisahkan kaum muslimin dari Rasulullah -shallallaahu ‘alaihi wa sallam- agar mereka bisa memecah belah masyarakat, dan mereka berkata (sebagaimana Allah firmankan):

...لا تُنْفِقُوا عَلَى مَنْ عِنْدَ رَسُولِ اللَّهِ حَتَّى يَنْفَضُّوا...

“…Janganlah kamu bersedekah kepada orang-orang (Muhajirin) yang ada di sisi Rasulullah supaya mereka bubar (meninggalkan Rasulullah)…” (QS. Al-Munafiqun: 7)

Maka, USAHA MEMISAHKAN ANTARA PENGUASA DAN RAKYAT: ADALAH TERMASUK AMALAN ORANG-ORANG MUNAFIK YANG MEMBUAT KERUSAKAN DI MUKA BUMI. Mereka lah orang-orang yang (Allah firmankan):

وَإِذَا قِيلَ لَهُمْ لا تُفْسِدُوا فِي الأرْضِ قَالُوا إِنَّمَا نَحْنُ مُصْلِحُونَ

“Dan apabila dikatakan kepada mereka: “Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi!” Mereka menjawab: “Sesungguhnya kami justru orang-orang yang melakukan perbaikan”.” (QS. Al-Baqarah: 11)

Sedangkan orang yang jujur memberi nasehat kepada pemimpin kaum muslimin dan rakyatnya: tidaklah demikian. Justru dia berusaha membuat pemimpin cinta kepada rakyatnya dan rakyat cinta kepada pemimpinnya, serta berusaha menyatukan kalimat dan menjauhi segala hal yang mengantarkan kepada perselisihan.”

[Al-Ajwibah Al-Mufiidah ‘An As-ilati Al-Manaahij Al-Jadiidah (hlm. 201-203- cet. III)]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar